Rabu, 08 Desember 2010

Indonesia Juara Piala AFF 2010, Bagaimana Peluangnya

Indonesia Juara sepakbola Piala AFF 2010? adalah pertanyaan yang hangat untuk didiskusikan. Benarkah Indonesia akan mencatat sejarah dan mampu mengatasi lawannya di Semifinal, dan selanjutnya membekuk lawannya difinal sepakbola piala AFF 2010? Cukupkah tiga kali penampilan Tim Nasional sebagai jaminannya?
Penampilan timnas sepakbola Indonesia yang impresif saat membungkam  Malaysia 5 – 1 dan  Laos 6 – 0 semakin mengundang masyarakat untuk menjadikanya topik diskusi, dan ngobrol-ngobrol santai. Ditambah lagi hasil pertandingan tadi malam tim nasional Indonesia sukses meraih angka sempurna dengan mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.


Dalam Piala AFF 2010 ini, tiga kali penampilan Timnas Merah Putih telah sukses menjaringkan 13 buah gol dan semakin istimewa adalah hanya kemasukan dua gol. Hasilnya Indonesia semakin kokoh menjadi juara grup, dan dengan melengang melangkah menuju babak semifinal.


Kemenangan atas Thailand begitu dramatis dan merupakan catatan sejarah persepakbolaan internasional, hal ini dikarenakan Indonesia mampu menang dengan waktu normal atas timnas Thailand. Hal ini sebelumnya belum pernah terjadi, akan lebih membanggakan lagi manakala Thailand saat ini dilatih oleh Sir Boby Robson (Inggris).


Suasana kebatinan timnas Indonesia nampak lebih sehat dan segar dibandingkan dengan sebelumnya. Selain ada pemain dari hasil naturalisasi (Cristian Gonzáles dan Irfan Bachdim) juga mulusnya sang pelatih Riedl (Top Skorer Liga Austria di tahun 1972) dalam memadukan para pemain muda-tua Proses regenarasi dilakukan dengan bagus dan menjanjikan prestasi.


Masuknya beberapa pendatang baru seperti defender Benny Wahyudi, gelandang Arif Suyono, gelandang Oktovianus Maniani, Ahmad Bustomi, menjadikan kinerja timnas semakin terdongkrak. Riedl punya banyak pilihan untuk menyusun strategi dengan amunisi pemain yang semakin banyak pilihan. Melihat penampilan para pendatang baru rasanya sangat menjanjikan, dan hal inilah yang semakin meyakinkan hati publik akan peluang timnas untuk meraih gelar juara AFF 2010.


Siapapun lawan yang akan dihadapi timnas sepakbola nasional Indonesia: Singapura, Filipina, atau Vietnam, rasanya masih menjanjikan peluang untuk memenangkannya. Dari catatan sejarah rekor pertemiuan timnas kita tidak begitu buruk. Yang mengguntungkan lagi adalah pada babak semifinal dan final akan menggunakan sistem home and away.


Sistem Home and away memang menuntut mental seorang juara karena masing-masing tim sepakbola akan dituntut untuk berbuat terbaik dikandang dengan dukungan penonton penuh juga saat tandang dengan tekanan suporter lawan.


Dari jadwal pertandingan yang sudah dirillis AFF maka berikut ini rencana pertandingan:
Semifinal
Pada Leg pertama
15 Desember – Runner Up Grup A vs Juara Grup B
16 Desember – Runner Up Grup B vs Juara Grup A
Pada Leg kedua
18 Desember – Juara Grup B vs Runner Up Grup A
19 Desember – Juara Grup A vs Runner Up Grip B


Final
Pada Leg pertama
26 Desember – Semifinal 1 vs Semifinal 2
29 Desember – Semifinal 2 vs Semifinal 1


Pembenahan atas beberapa kelemahan yang masih Nampak pada ketiga pertandingan penyisihan adalah tantangan sang pelatih Riedl. Saat melawan Thailand lini tengah kita masih kocar-kacir sehingga jalannya pertandingan dikuasai oleh Thailand. Bahkan Gonzales lebih banyak naik turun membantu pertahanan.


Ketenangan dan keakuratan dalam bekerjasama antar pemain juga masih perlu untuk dirapikan kembali. Skill ball pemain kita memang masih pas-pasan, namun hal tersebut bisa dipoles dengan kerjasama yang rapid an pergerakan pemain yang cepat dari lini ke lini. Sepakbola Indonesia harus mampu menampakkan cirikhasnya dengan permainan pendek dan cepat.


Asa bangsa ini rasanya sudah tak tertahankan untuk melihat Tim Nasional sepakbola Indonesia berjaya di piala AFF. Meskipun msih dikawasan Asia Tenggara namun hal ini bisa menjadi pintu masuk untuk prestasi yang lebih tinggi dikemudian hari. Jayalah Indonesia!!!


Susunan Pemain Nasional Indonesia:
Penyerang: Christian Gonzales, Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Yongky Aribowo, Dendi Santoso
Gelandang: Firman Utina, M Ridwan, Oktovianus Maniani,Arif Suyono, Toni Sucipto, Eka Ramdani, Ahmad Bustomi, Hariono, Johan Juansyah, Octavianus.
Kiper: Markus Horison, Kurnia Meiga, Made Wirawan, Ferry Rotinsulu,
Bek: Hamka Hamzah, Yesaya Desnam, M Roby, M Nasuha, Zulkifli, Benny Wahyudi, Ricardo Salampessy, Nova Arianto, Maman Abdulrahman, Slamet Riyadi

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon