Kamis, 13 Oktober 2011

Pemain Naturalisasi Stefano Lilipaly, Idola Baru Sepakbola Indonesia

Stefano Lilipaly, seorang pesepak bola Belanda keturunan Ambon Indonesia, terlahir di Arnhem, negeri kincir angin Belanda pada tanggal 10 Januari 1990. Beberapa hari lalu telah resmi menjadi warga Negara Indonesia melalui proses naturalisasi. Masih muda usia, wajah ganteng, ketrampilan bola yang menawan ala negeri Belanda seolah menjanjikan masa depan gemilang di pentas sepakbola Indonesia khususnya saat membela Timnas Indonesia.  


Stefano Lilipaly  mempunyai ayah benama Ron Lilipaly (ambon), sementara Ibunda bernama Adriana yang warga Belanda. Stefano mulai bermain bola sejak usia 7 tahun di klub amatir DCG selama tiga tahun. Lalu hijrah ke tim AZ Alkmaar (junior) selama satu tahun.  Mulai 2009 Stefano Lilipaly telah mendapatkan tempat di FC Utrecht, tepatnya di tim junior. Pada musim pertamanya telah sukses mencetak 8 buah gol, juga punya andil mengantarkan FC Utrecht merebut Piala KNVB Junior pada periode 2009-2010. Sang pelatih FC Utrecht Ton Du Chatinier memandang anak didiknya ini merupakan kandidat untuk masuk tim senior.


Penampilan Stefano Lilipaly  sejak sejak beberapa pekan ini cukup memukau public dengan dua Gol pada pekan silam 2 Agustus, bersama tim dua FC Utrecht berhasil mengalahkan Sparta Rotterdam 3-1 dalam sebuah laga persahabatan. Saat itu Lilipaly berhasil menciptakan dua goal yang indah. Sejak berakhirnya pertandingan tersebut diinformasikan bahwa Lilipaly akan dipasang lawan VVV di tim utama.


Kiprah Lilipaly yang lain adalah, pernah membela Timnas Belanda U-15 hingga U-18, Dengan posisinya sebagai gelandang serang setelah ada tawaran bermain di Indonesia ternyata dia menyatakan lebih memilih Indonesia. Dengan Bergabung dengan salah satu klub di liga Indonesia maka peluang menjadi pemain Nasional akan terbuka lebar, tentunya setelah proses naturalisasi.
.
Pada bulan Januari 2011 silam Lilipaly sudah dipanggil oleh Badan Tim Nasional PSSI dalam rangka mengikuti seleksi tim nasional sepak bola Indonesia U-23 yang sengaja dipersiapkan untuk bermain pada Sea Games 2011, juga babak kualifikasi Olimpiade 2012, namun kedatangannya tertunda karena alasan cedera yang belum pulih.


Dipentas sepakbola dunia Lilipaly mempunyai pemain idola yaitu Andres Iniesta, karenanya gaya permainan banyak terinspirasi Iniesta. Stefano Lilipaly menyatakan dia mempunyai kemampuan untuk bermain defensif atau ofensif, bahkan kelebihan lainnya adalah mampu mencetak gol dari luar kotak penalti lawan.


Beberapa hari lalu diberitakan bahwa Stefano Lilipaly  adalah satu diantara lima orang pemain asing yang secara resmi dinaturalisasi. Bersama Victor Chukwuekezie Igbonefo, Greg Nwokolo, Tonnie Harry Cusell, dan Jhonny Rudolf Van Beukering telah disumpah di Kementerian Hukum dan HAM. Selamat Stefano Lilipaly, kami menunggu kiprahmu di Indonesia.

Artikel Terkait

1 komentar so far

info yang sangat menarik dan sangat bermanfaat


EmoticonEmoticon