Senin, 14 Mei 2012

Inspirasi Mengembalikan Semangat Menulis Artikel Blog

menulis artikel blogApa Yang Terjadi Pada Diriku??? he he he serem banget, bagaimana bisa terjadi sejak pesta perayaan tahun baru 2012 praktis shalimow.com sempat terisi hanya sejumlah 3 artikel saja. Produktifitas menulis seperti terjun bebas sampai pada titik zero, sehingga belasan blog yang saya kelola nyaris tanpa update artikel. Kenapa bisa terjadi? Apa penyebabnya? Benarkah waktu yang jadi kendala utama? Atau justru inspirasi menulis yang bermasalah? Hmm apa ya ???



Triwulan pertama Tahun 2012 merupakan phase super sibuk bagi aku dengan segala aktifitas dikantor tempat aku bekerja. Secara kebetulan load untuk menulis salah satu jenis laporan di kantor meningkat tajam sehigga waktu untuk menulis artikel blog juga semakin sempit. Mungkin juga hal ini hanya sebuah alasan pembenaran dari aku untuk membungkus gumpalan kemalasan yang menyertai letih, penat, dll. Yang jelas kenyataannya aku jarang menulis artikel dari beberapa blog yang ada.


Gubug persingahan kebetulan agak jauh dari pusat Ibukota sehingga balutan kemacetan setiap hari semakin dalam memerosokkan diri dalam rasa stress, jenuh, dan lelah. Perjalanan menuju kantor dengan tempat singgahku pulang-pergi membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam setiap hari. Andai saja waktu tersebut separuhnya saja dipergunakan untuk menulis astikel tentu beberapa blog akan terbaharukan isinya.


Menulis beragam tema yang sesuai dengan jenis blog kita disatu sisi sangatlah menguntungkan karena akan mendorong kita untuk terus mendalami beberapa tema tersebut lebih jauh sehingga pengetahuan kita tidak hanya beredar diwilayah permukaan belaka. Namun acapkali kejenuhan datang menghampiri kita sehingga beragam tema tersebut seolah membenturkan nalar kita pada sebuah tembok tebal yang angkuh, sehingga membuat kita lunglai karena ketidakberdayaan dalam mencari inpirasi dalam membangun semangat dan kinerja.


Menurut saya fenomena diatas  adalah wajar dan manusiawi saja, terkadang beragam gagasan yang terlalu kompleks semakin menenggelamkan kita dalam kepenatan. Sehingga semakin mempersulit  pemilahan terhadap  gagasan yang original, inovatif, unik, atau bahkan menarik. Kita tidak lantas menjadi risau, sedih dan frustasi yang terlalu mencekam. Yang perlu kita lakukan adalah bersantai, rilex dan menikmati hidup. Hidup ini tidak melulu hanya menulis kok. Ada kehidupan lain di luar sana yang bisa kita nikmati di sela-sela kesibukan kita terhadap kegiatan menulis. Jadi enjoy aja gitu loh!


Lho sudah nulis panjang kok  belum membahas “Membangun Inspirasi Untuk Mengembalikan Semangat Menulis Artikel Blog” OK! Jika kita mengalami kondisi penurunan semangat akan menulis artikel serta inspirasi terasa menyempit maka hal yang utama adalah mengembalikan kondisi kebatinan anda agar kembali fresh, riang, tanpa beban, dan bisa enjoy.  Beragam pilihan anda bisa lakukan, dan setiap orang tentu punya kebutuhan dan selera tersendiri. Beberapa orang melakukanya hanya dengan pergi sendiri ke persawahan, makan dan minum, melamun beberapa saat, berteriak sekeras-kerasnya. Namun adapula yang melakukannya dengan kegiatan spiritual seperti sholat malam, berdzikir, dll.


Inspirasi, ide, dan sejenisnya akan anda dapatkan dengan beragam kegiatan yang mamapu memperlebar kapasitas memory otak kita untuk menemukan sesuatu yang baru dan segar. Dari pengalaman saya sebenarnya inspirasi, ide itu bukannya musnah entah kemana, namun terkadang kita hanya terbatas untuk mentransformasi hal-hal yang kita renungkan, nalar untuk menjadi sebuah gagasan, ide yang bagus dan menarik minat orang lain untuk mengetahuinya. Tanpa sadar, terkadang kita memagari diri dengan tembok yang terlalu kokoh sehingga  akan mempersulit  untuk bisa keluar dari baying-bayang diri sendiri. Perilaku memproteksi diri berlebihan karena pertimbangan faktor luar (pembaca) yang kadang kurang rasional juga jadi, tanpa sengaja kita berlaku subyektif  pada diri sendiri.


Ketersediaan sumberdaya pengetahuan yang luas dan dalam  menjadikan kita semakin mudah untuk membangun inspirasi, ide, dan gagasan karena hal tersebut merupakan amunisi yang mampu menjadi pemicu dalam diri. Untuk meningkatkan ketersediaan sumberdaya pengetahuan tersebut tidak ada pilihan lain kecuali kita memastikan input dalam diri terjadi, dengan beragam aktifitas berupa membaca, nonton TV/film, mendengarkan cerita kehidupan secara langsung, browsing di internet, dll. Yang efektif dan sederhana dilakukan memang melalui membaca beragam buku-buku apapun yang sedang popular, dll.


Setelah melakukan beberapa aktifitas untuk membangun inspirasi tersebut maka selanjutnya anda melanjutkanya dengan beragam aktifitas untuk menulis artikel blog. Tantangan agar dapat menulis artikel blog dengan rutin dan konsisten memerlukan pula beberapa tips agar keberlangsungannya tetap terjaga. Beberapa waktu mendatang mungkin akan saya tuliskan beberapa hal yang lebih detail.  Seperti tentang bisnis Foredi Jakarta , Kapsul Gasa, Tisu Majakani, Terima kasih.

Artikel Terkait

4 komentar

memang membangun inspirasi itu justru lebih susah dari pada semangat, karena jika sudah ada inspirasi maka semangat akan datang dengan sendirinya

terima kasih informasinya sangat bermanfaat..
terima kasih mas..
salam kenal
sutopo blogger jogja

Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
www.168sdbet.com
Terima kasih

makasih tipsnya gan ane jadi semangat ngeblog lagi nih pengen dapet duit dari internet


EmoticonEmoticon