Selasa, 16 Juli 2013

Makna Usia 40 Tahun, Gerbang Transformasi Munuju Khusnul Khotimah

usia 40 tahun, maknanyaUsia 40 Tahun merupakan peristiwa penting yang sarat makna yang bagi perjalanan hidup seorang insan didunia ini. Selayaknya puji dan syukur, Alhamdulillah Rabbi al Amien terucap apabila kita telah diberi kesempatan mereguk kehidupan dunia ini pada usia yang ke 40 tahun dst. Istimewanya apa ya usia 40 tahun itu? filosofi atau dalam pandangan Agama Islam?  Rasanya cukup asyik kalau kita ulas ya, OK silahkan simak berikut ini bila berkenan.
Belajar Pada Rajawali Usia 40 Tahun Menjadi Garuda
Perjalanan hidup seekor rajawali mulai dari telur, dierami, menetas, bayi rajawali, belajar makan, belajar terbang, belajar berburu, dst hingga mencapai usia 40 Tahun. Apabila kita yang akan atau sedang mengalami momen istimewa, usia 40 tahun, maka akan jauh lebih baik melakukan refleksi diri. Salah satunya dengan belajar dari alam yaitu kehidupan rajawali, perjalanan kehidupan dari burung rajawali semoga bisa menjadi inspirasi yang menarik untuk kita.


Burung Rajawali adalah jenis unggas yang mempunyai umur/harapan hidup cukup panjang yaitu hingga bisa mencapai 70 tahun. Untuk dapat mencapai usia tersebut maka secara alamiah sekor Rajawali melakukan ritual tertentu pada usia 40 tahun. Pada saat Sang rajawali umur 40 tahun, ketika cakar-cakarnya sudah tua dan merapuh, paruh agak panjang dan bengkok mengarah ke dada. Sayap telah ditumbuhi bulu yang lebat dan tebal sehingga menjadi beban berat, dampaknya adalah terganggunya fungsi normal untuk aktifitas yaitu terbang melanglang buana.


Ketika memasuki usia 40 tahun, Sang rajawali mempunyai 2 (dua) buah pilihan: 1.seiring bergulirnya waktu hanya menunggu proses kematian datang 2. Melakukan sebuah proses ritual tertentu (transformasi) yang memakan total waktu sekitar 5 bulan atau 150 hari, proses yang cukup menyakitkan tapi harus dijalani dengan sabar agar kembali muda dan mampu bertahan hidup hingga 30 tahun lagi. Beberapa pendapat menyebut Sang rajawali yang sudah bertransformasi disebut: Garuda.


Ritual transformasi menuju Garuda dilakukan dengan terbang menuju sebuah puncak gunung atau bukit untuk membangun sarang, umumnya di tepi jurang agar aman. Rajawali tinggal dipadepokannya selama proses transformasi ini berlangsung. Aktifitas yang harus dilakukan adalah mematuk-matukkan paruh panjangnya pada sebuah batu sampai paruh terlepas, lalu dengan sabar menunggu tumbuhnya sebuah paruh baru. Lalu dengan senjata  paruh yang baru tersebut, rajawali akan mencabuti cakar-cakarnya satu persatu.


Sebuah proses kepada diri sendiri yang tentu sangat sengsara dan menyakitkan. Beberapa saat dia harus menunggu kembali sampai tumbuh cakar/kuku baru yang kuat kembali dan lebih muda. Proses selanjutnya dengan menggunakan cakar baru tersebut, rajawali harus mencabuti lebatnya bulu badannya, tentu ini juga sebuah proses yang panjang dan menyakitkan. Sebuah perjuangan yang keras yang membutuhkan keberanian dan kesabaran, karenanya tidak semua rajawali yang dapat bertransformasi dengan baik, sebagian mati ditengah proses! Tuntutannya jelas, kalau paruh tidak ada maka bgmn makan? Kalau cakar nggak ada bagaimana menangkap mangsa? Kalau sayap rontok bagaimana berburu makan? Tentu hanya “kedewasaan” rajawali yang bisa mengatasi masalahnya selama 5 bulan.


Sesudah bertransformasi maka Garuda telah hadir dengan bulu sayap yang baru sehingga kembali dapat terbang berburu mencari penghidupan. Demikian pula paruh dan cakar juga baru yang akan menemani garuda meniti lanjutan kehidupan sampai 30 tahunan. Jadi sang Rajawali telah mengambil keputusan besar untuk sebuah transformasi: ikhlas membuang semua kebiasaan/potensi buruk diri, dengan perjuangan menghempaskan beban lama untuk membuka era baru, dan siap dan yakin menatap masa depan yang gemilang.


Usia 40 tahun, Muhammad SAW diutus Sebagai Nabi
Usia 40 tahun dalam Islam disebut secara jelas dalam Al-Qur’an dan Al Hadist, sehingga hal ini bisa kita pelajari dan pahami untuk kita ambil hikmahnya.
Usia 40 tahun merupakan hal yang istimewa, sebagaimana disebutkan Allah SWT telah dalam Al-Quran Surat Al-Ahqaf Ayat ke 15 yang artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila ia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nimat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS.46:15).


Usia 40 tahun Muhammad Rasulullah SAW diutus sebagai nabi, sehingga hal ini menginspirasi peradaban keinian menjadikannya sebagai dustur (undang-undang, yaitu syarat untuk pemimpin-pemimpin Negara atau menteri. Bahkan rata-rata para pemimpin diseluruh dunia saat menjadi presiden/raja di atas 40 tahun.


Usia 40 tahun juga mempunyai keistimewaan dan termaktub dalam hadist Nabi SAW diriwayatkan oleh Imam Ahmad, “Seorang hamba muslim bila usianya mencapai empat puluh tahun, Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai enam puluh tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepada-Nya. Bila usianya mencapai tujuh puluh tahun, para penduduk langit (para malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai delapan puluh tahun, Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai sembilan puluh tahun, Allah akan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosanya yang belakangan, Allah juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya, dan Allah akan mencatatnya sebagai ‘tawanan Allah di bumi.”


Pada Hadist diatas telah menyebut pada usia 40 tahun Allah akan meringankan hisabnya, hal ini dikarenakan kepemilikan sifat istiqamah dalam pengabdian dan ibadah kepada Allah SWT. Usia sebelum 40 tahun bukannya tidak bisa melakukan hal tersebut, namun dibanyak kasus masih belum stabil pada suasana atau keadaan yang mantap. Kedewasaan biasanya menyertai anak manusia pada usia 40 tahunan.


Sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu Qotadah RA berkata, “Bila seseorang telah mencapai usia 40 tahun, hendaklah berhati-hati.” Hal yang lain disampaiakan Abdullah bin Abbas RA dalam riwayat menjelaskan, “Barangsiapa mencapai usia 40 tahun dan amal kebajikannya tidak unggul mengalahkan amal keburukannya, hendaklah ia bersiap-siap ke neraka.”


Dua nasihat tersebut hendaknya menbuat para pemilik usia 40 tahun semakin waspada dan hati-hati dalam bertindak tanduk, harus terus berupaya meningkatkan amal kebajikan. Konsentrasi untuk beribadah dengan mengalihkan aktifitas lebih banyak untuk kegiatan rohaniah. Kisah Imam Asy-Syafi’i pada saat usia 40 tahun, beliau berjalan dengan memakai tongkat. Ketika beliau ditanya kenapa, jawabnya, “Agar aku ingat bahwa aku adalah musafir. Demi Allah, aku melihat diriku sekarang ini seperti seekor burung yang di penjara di dalam sangkar. Lalu burung itu lepas di udara, kecuali telapak kakinya yang masih melekat dalam sangkar. Keadaanku sekarang seperti itu juga.”


Islam mengkatagori usia manusia menjadi empat yaitu: 1). kanak-kanak (thufuliyah), 2). masa muda (syabab), diawali pada usia pasca baligh sampai usia 40 tahun. 3). masa kuhulah, masa dewasa, 4). keempat, masa tua (syaikhukhah), di saat manusia diatas 60 tahun.


Salah satu ulama masyhur, Imam Al Ghazali dalam salah satu kitabnya Ayyuhal Walad : “Barangsiapa yang telah melampui usia 40 tahun sedangkan kebaikannya tidak dapat mengalahkan kejahatannya, maka hendaklah dia mempersiapkan dirinya untuk masuk ke dalam Neraka”

Dalam Al-Qur’an Surat Fathir: 37, Allah berfirman: “Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan?”.


Makna nu’ammirkum, memanjangkan usia dalam masa yang cukup, menurut Imam Ath Thabari yang dimaksud adalah usia 40 tahun. Menurut Imam Mujahid , ia mendengar Ibnu Abbas mengenai ayat tersebut, yang dimaksud adalah usia 40 tahun. (dalam Tafsir Ath Thabari dan Ibnu Katsir).


Usia 40 Tahun, Apa Yang Harus Dilakukan
Usia 40 tahun telah atau akan anda lewati apa yang bisa dilakukan? Beberapa anjuran adalah sebagai berikut:


1. Melakukan Taubat


Ibnu Katsir menjelaskan ayat Fathir: 37, ”sebuah bimbingan bagi orang yang telah mencapai usia 40 tahun, yakni agar ia memperbarui taubatnya dan kembali kepada Allah, serta bertekat untuk itu semua”.


Salah satu ibadah yang dilakukan secara rutin atau berkala adalah sholat taubat, sehingga taubat yang dilakukan semakin bermakna dalam dan membawa perubahan yang fundamental.


2. Bersyukur dan memperbanyak doa


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Shalawat dan salam atas hamba dan utusan-Nya, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam , keluarga dan para sahabatnya.
"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS. Al-Ahqaf: 15)


3. Mempersiapkan kematian
Menunggu apalagi? Bukankan disekitar kita sudah begitu banyak orang yang meninggal usia bayi, usia anak-anak, atau yang belum berusia 40 tahun. Mumpung diberikan kesempatan untuk bisa beribadah.
Imam Malik berkata, ”Aku mendapatkan para ahli ilmu di negeri kami, mereka mencari dunia dan berbaur dengan manusia, namun ketika di antara mereka sudah mencapai usia 40 tahun maka mereka akan memisahkan diri dari orang banyak dan menyibukkan diri dengan persiapan untuk hari kiamat hingga ajal menjemput mereka”.





Artikel Terkait

27 komentar

Anda memiliki artikel yang sangat baik dan kualitas, seperti tv blog saya en vivo ini, terlepas dari coment colom yang Anda berikan sangat bermanfaat untuk berteman dengan blog atau situs lain, semoga lebih maju dan kreatif.

terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya gan salam kenal aja.....!

mantap gan terimakasih banyak atas infonya. sangat bermanfaat

ada juga yang bilang usia 40 tahun adalah usia penentuan untuk bertaubat atau menjadi inkar selamanya.
hmmmm.................

umur 40 seseorang itu yang menentukan arah ke masa depan thanks atas infonya salam kenal aja.....!

terimakasih banyak atas info dan artikelnya sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk saya salam kenal aja......!

ohh semua berawal dari 40 tahun ya...?

baru tahu aku...

Tulisan Anda sangat menakjunkan, ijin share dan bookmark untuk saya baca baca. Terimakasih. Saya tidak bosan2 muntuk berkunjung ke blog ini, karena tulisan yang sangat luar biasa dan tidak membosankan.

subhanallah .. terharu baca berita ini

Sungguh menakjubkan dan luar biasa banget tulisan anda

Anda memiliki artikel yang sangat baik dan kualitas, apa betul hal diatas harus kita perhatikan, sewaktu berusia 40 tahun..

salam Admin : Sundulbet.com
www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
Sukses selalu untuk anda

kunjungi web kami untuk menambah ilmu
www.168sdbet.com
terima kasih

Subhanallah, tulisan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Akan lebih baik lagi bila setiap saat kita menyadari jika sewaktu2 Allah dapat mencabut nyawa manusia, oleh karena itu harus menyiapkan banyak perbekalan untuk hidup sesudah mati.

subhaanallah...terharu...kagum...takjub...maksih info ilmunya...mdh2an langkah hidup kita selalu lbh baik dan umur panjang yg barokah disertai amal ibadah ,aamiin

Semoga kita bisa lebih baik...amiin..

artikel kesehatan delete 16 Mei 2014 06.47

artikel yg menarik

subhannalloh...........mantap

Terima kasih atas infonya yg sangat mencerahkan ini pak Yunan Shalimow. Sukses terus buat anda sekeluarga. Sukses berjamaah kita di bisnis ABE ini, Aamiin YRA

terima kasih .....artikelnya bermanfaat sekali....semoga Allah mengampuni kita

terima kasih. artikel ini bisa membuat saya makin berusaha unk dekat dgn Allah

subhaanallah...terharu...kagum...takjub...maksih info ilmunya...mdh2an langkah hidup kita selalu lbh baik dan umur panjang yg barokah disertai amal ibadah ,aamiin salam dari http://agenfiforlifedepok.blogspot.co.id


EmoticonEmoticon