Senin, 16 Maret 2015

Batu Mulia Termahal Di Dunia, jenis Apa Saja

Batu mulia termahal di dunia menjadi salah satu tema yang paling dicari oleh para penggemar batu Mulia di Indonesia, tentu informasi ini sebagai pengetahuan yang membekali para pecinta batu agar lebih mumpuni tentang dunai batu mulia. Batu mulia telah menempatkan diri sebagai salah satu benda bernilai tinggi dan mempunyai harga yang tidak murah.  Bahkan beberapa jenis batu mulia yang istimewa dan langka bisa berharga jutaan dollar perkarat. Layaknya barang seni, semakin unik, langka, dan mempunyai kelebihan khusus maka hargapun melambung tinggi. Apa saja jenis batu mulia tersebut?




5 Jenis batu mulia paling mahal


Batu mulia termahal di duniaBatu mulia termahal di dunia untuk saat ini masih ditempati posisinya oleh berlian yang merupakan jenis batu mulia paling dicari oleh kolektor. Batu mulia jenis Berlian tingkat kekerasannya mencapai 10 Mohs, dan capain ini termasuk sangat tinggi. Batu mulia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia yang dimulai sejak ribuan tahun yang lalu sampai saat ini. batu cincin permata sampai saat ini masih menempati posisi benda berharga yang bernilai tinggi. Bahkan batu permata yang langka dapat mencapai jutaan dollar untuk setiap karat, apalagi untuk jenis batu cincin yang populer ini tentu saja memiliki peminat yang banyak. Untuk urusan harga, batu akik atau batu permata sampai saat ini memang masih belum memiliki patokan yang standar.


Batu berlian Termahal KohinoorAkan tetapi, semakin langkanya batu permata dan semakin disukai oleh pembeli, maka dengan sendirinya untuk urusan harga akan semakin tinggi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa batu termahal di dunia untuk saat ini posisi pertamanya masih ditempati oleh berlian yang banyak diincar oleh para kolektor. Batu berlian hope merupakan batu akik atau batu permata mulia yang paling mahal di dunia dan banyak digunakan untuk perhiasan wanita seperti kalung, liontin, cincin, atau bahkan anting-anting. Sampai saat ini, berlian masih termasuk ke dalam lambang kemewahan dan gaya hidup yang hanya dapat dimiliki oleh kalangan hartawan karena berlian termasuk ke dalam batu mulia termahal di dunia.


giok termahalSelain batu berlian hope, masih ada jenis batu mulia termahal di dunia dan menempati posisi kedua, yaitu batu giok. Sejak ribuan tahun yang lalu atau ribuan tahun sebelum masehi, batu giok sudah dimanfaatkan untuk perhiasan yang memiliki nilai tinggi. Batu giok yang memiliki warna khas hijau ini tidak hanya memiliki nilai keindahan, namun dipercaya pula sebagai simbol keberuntungan untuk pemiliknya. Kalung giok termasuk ke dalam batu mulia termahal di dunia meskipun posisinya dibawah berlian. Untuk saat ini, batu giok masih tetap menjadi buruan banyak kolektor atau para pecinta batu permata, sehingga untuk harga giok harganya memang sangat mahal dan juga langka.


serendibite batuSelain kedua jenis batu mulia termahal di dunia seperti berlian dan juga batu giok, masih ada batu mulia paling mahal lainnya yang menduduki posisi ketiga, yakni serendibite. Batu ini termasuk ke dalam jenis batu langka di dunia, sehingga hal tersebut menyebabkan harganya menjadi sangat mahal. Batu mulia termahal di dunia dengan posisi ketiga ini memiliki sifat optik, yaitu hijau kekuningan atau hijau kebiruan dan juga violet. Untuk kekerasan, batu serendite memiliki kekerasan 6.5-7 skala mohs. Batu yang satu ini hanya dapat ditemukan pada dua tempat saja, yakni Sri Lanka dan juga Birma yang termasuk ke dalam kategori batu mulia langka dengan harga yang sangat tinggi.


batu garnetUrutan keempat jenis Batu mulia termahal di dunia adalah Blue Garnet, batu ini diperkirakan mempunyai harga sekitar $1.5/karat. Batu Blue Garnet mempunyai tingkat kekerasan cukup tinggi sekitar 8-8,5 pada skala Mohs sehingga akan potensial dipotong dalam jumlah sisi yang tinggi agar semakin berkilau. Jenis batu mulia ini berasal dari negara antara lain: Turki dan Amerika. Untuk kualitas yang terbaik datang dari Afrika khususnya Madagaskar. Garnet termasuk dalam sejenis mineral silikat dan memiliki macam warna seperti; hijau, kuning, ungu, merah, hitam, pink, coklat, orange dan warna biru. Khusus warna biru (blue garnet ) paling susah didapatkan dan paling diburu karena jenis Batu mulia termahal di dunia.


batu PainiteSalah satu jenis Batu mulia termahal di dunia adalah Painite diperkirakan pasaran dunia dari batu mulia jenis ini dibandrol dengan harga sekitar $ 60.000/karat. Kekerasan batu ini 7.5 - 8 Mohs scale. Batu Mulia Painite pertama kali ditemukan oleh orang Inggris; Arthur C.D. Pain yang meneliti mineral di Myanmar) pada tahun 1950. Painite adalah batu mulia dari jenis yang mengandung mineral: boron, aluminium, kalsium, zirkonium, dan oksigen. Kandungan kimiawi kromium dan vanadium juga ada di dalamnya, sehingga membuat batuan semakin langka.


Baca Juga: Nomor Kartu Ponsel Tercantik, Termahal dan Menjadi Rekor Dunia


Simak Yang Ini: Kopi Luwak, Biji Kopi dari Kotoran Luwak



Penyebab Menjadi Batu mulia termahal di dunia


Batu mulia termahal di dunia dari 5 jenis tersebut tentu sudah jelas memiliki beberapa kelebihan yang terkadang tidak dimiliki oleh jenis batu mulia yang lain. Salah satu aspek dari 5 jenis batu mulia diatas yang tidak dimiliki oleh batu mulia lain jeni sadalah kekerasannya. Setiap batu mulia memiliki tingkat kekerasan tertentu yang menjadikanya berbeda dengan yang lainnya. Semakin keras batu mulia maka tingkatannya akan semakin tinggi, dan sudah hampir dipastikan akan mahal pula harganya.


Kekerasan Batu mulia termahal di dunia diukur dengan skala mohs, contohnya batu mulia berlian tingkat kekerasannya empat kali lipat batu Ruby. Untuk batu Ruby tingkat kekerasannya hampir dua kali batu Zamrud. Jadi batu mulia yang lebih tinggi kekerasannya akan mampu menggores batu mulia yang lebih rendah kekerasannya.


Batu mulia termahal di dunia diukur dengan Skala Mohs yang mulai dikembangkan pada tahun 1812 oleh seorang geologist dan mineralogist asal Jerman Friedrich Mohs (1773-1839). Metode yang digunakan dalam yang Skala Mohs yaitu dengan membandingkan dengan cara melihat mineral tertentu yang mampu menggores mineral lainnya. Sebagai contoh: Berlian empat kali lebih keras dari Corundum. Dalam kehidupan keseharian Secara mudah kekerasan Batu mulia termahal di dunia dapat diuji dengan goresan kuku, mata uang tembaga, pisau dan kaca. Jika sebuah batu mulia dapat digores dengan kuku saja maka kekerasannya masih di bawah 2. Apabila tergores dengan mata uang tembaga maka tingkat kekerasannya mencapai 3, jika mampu digores dengan pisau dapur maka kekerasannya mencapai 6. Dst.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon