Minggu, 05 April 2015

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Badan

Manfaat buah apel bagi kesehatan badanManfaat buah apel bagi kesehatan badan akan menjadi tema pada tulisan ini, sudah tak terbantahkan sebagian masyarakat sudah begitu membutuhkan buah apel untuk dikonsumsi sehari-hari. Sehingga diperlukan data dan informasi yang memadai dan lengkap agar menjadi pengetahuan yang manfaat. Pilihannya adalah kita harus tahu juga jenis-jenis buah apel di Indonesia, dimanakah habitatnya, bagaimana memilih buah apel yang baik, Manfaat buah apel bagi kesehatan badan. Selain hal tersebut akan lebih lengkap apabila kita tahu juga lika-liku Perdagangan Buah Apel, tetapi kita juga harus Waspada Buah Apel bahaya, dll.

 Asal Usul Buah Apel


Manfaat buah apel bagi kesehatan badan akan kita dapatkan setelah kita memahami dahulu asal usul buah apel. Buah apel nama latinnya Pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae, berasal dari pegunungan Caucasus. Pohon apel dialam bebas mampu mencapai ketinggian 3 sampai dengan 12 meter. Jenis pohon kecil dan berdaun gugur, tajuknya lebar. Daun apel umumnya panjang sekitar 5 – 12 cm dengan lebar sekitar 3 - 6 cm, dan bentuknya lonjong. Dalam siklus hidupnya pohon buah apel yang ditanam didaerah tropis akan berbunga saat musim hujan sudah berkurang intensitasnya, tunas daunpun bermunculan. Buah apel akan masak pada pertengahan musim hujan .

Dari catatan sejarah menunjukkan bahwa asal usul buah apel pertama kali ditanam didaerah Asia Tengah. Kemudian apel berkembang menuju daerah yang suhu udaranya lebih ekstrim yaitu berudara dingin dan sebagian tropis. Di Indonesia Apel berkembang dibeberapa daerah pegunungan yang mempunyai udara dingin, namun secara serius dikembangkan di Batu Jawa Timur. Seiring dengan udara yang semakin panas populasi di Kota Batu juga semakin sedikit.

Jenis Buah Apel


Sebelum mengupas tentang Manfaat buah apel bagi kesehatan badan maka kita lengkapi dulu dengan paparan tentang jenis buah apel. Jenis Apel cukup banyak, mulai yang sering kita temui dipasaran, atau yang sangat jarang kita temukan di pasaran. Jenis Buah Apel antara lain:

Apel Manalagi/Apel Batu Malang


apel manalagi batu malangJenis buah apel berwarna hijau, dengan ukuran yang tidak terlalu besar populer dengan sebutan apel manalagi. Jenis apel manalagi asal usulnya dari desa Gandon,Kota Batu (Malang). Apel ini rasanya agak masam tapi menyegarkan, daging buahnya cukup keras sehingga kalau digigit berbunyi krak, sebagian masyarakat menyukai jenis ini.

Warna kulit khas dari jenis apel ini adalah kuning dengan motif garis-garis yang berwarna merah jambu,kandungan air cukup tinggi, daging buahnya keras. Apel Gala berasal dari Selandia Baru, dan rasanya dikenal cukup manis dengan aroma tajam. Apel gala enak langsung dimakan segar dan tentu tidak masalah kalau dibuat masakan.


Apel Golden Delicious


Apel Golden DeliciousApel Golden Delicious berwarna kulit kuning, dengan jenis daging buah agak keras, cukup berair, namun rasanya seperti apel manalagi manis sedikit asam. Apel Golden Delicious berasal dari Amerika, umumnya dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, kalau olahan umumnya untuk pai dan saus apel. Ukuran buahnya sedang sekitar 67 x64 mm, dan bisa kita dapatkan di pasaran di Indonesia.


Apel Granny Smith


Apel Granny SmithApel Granny Smith berasal dari daratan Australia dengan warna kulit hijau, mengandung banyak air, rasanya asam, dengan ukuran sedang. Pada umumnya apel ini langsung dimakan dalam kondisi segar namun bisa juga dibuat masakan.


Apel Red Delicious/Washington apple


Apel Red Delicious Washington appleTentu Apel Red Delicious berasal dari Amerika Serikat, dengan warna kulit merah yang motif bergaris-garis, daging buah cukup lunak sehingga mudah digigit, cukup berair, rasanya manis sedikit asam. Apel jenis ini cukup digandrungi untuk dimakan secara langsung dalam kondisi segar.


Apel Fuji Jingle


Apel Fuji Jingle jepangDengan Rasa buah sangat manis plus rasa asam sedikit, mengandung banyak air, daging buah berwarna putih kekuningan, teksturnya keras dan agak kasar. Apel Fuji berasal dari Jepang, dengan Berat buah sekitar 80 - 88 gram dan Diameter buah: 7 – 8,5 cm. Sangat enak dikonsumsi langsung.

Memilih Buah Apel yang baik


Sebelum mengupas tuntas Manfaat buah apel bagi kesehatan badan, berikut kita simak hal yang perlu diketahui lebih dahulu Cara Memilih Buah Apel Terbaik.

  1. Hindari memilih buah apel yang kondisinya sudah memar (bonyok), karena memar biasanya karena benturan keras dan sudah pasti kondisinya tidak segar lagi

  2. Seperti memilih pasangan hidup, dalam memilih buah apel juga harus mencari yang kulitnya mulus dan tidak ada bercak, tentu akan lebih menarik untuk kita makan.

  3. Cium aroma buah yang akan dipilih, buah apel yang sudah matang beraroma khas, kalau sudah terbiasa anda pasti akan tahu.

  4. Pilihlah buah apel yang masih keras, tes dengan cara memencet dengan lembut, cara ini akan tahu kualitas kerenyahannya.

  5. Lakukan test dengan mengetuk buah apel, jika nyaring berarti buah masih renyah dan mengandung banyak air, inilah apel yang harus anda pilih karena bagus dan segar.


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel


Rasanya enak, manis dan menyegarkan, dan banyak disuka oleh masyarakat, ternyata buah apel memang mempunyai kandungan nutrisi tinggi. Sudah pasti Manfaat buah apel bagi kesehatan badan akan terjawab karena kandungan beragam unsur bermanfaat dalam buah ini yang tentu sanat dahsyat. Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Hidrat arang (14,9 gram), , Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %), Zat Besi (0,3 mg), Vitamin A (90 SI).

Buah apel juga tertulis dalam sejarah mempunyai khasiat untuk pengobatan, diantaranya; menangkal radikal bebas, menyehatkan gigi, mengobati susah buang air besar, mengobati diare, mengatasi diabetes, melancarkan sistem pencernaan, hingga mencegah penyakit alzheimer, dan mencegah kanker.

Secara lebih rinci manfaat kandungan nutrisi dari buah apel bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:


  1. Diabetes




Menjadikan buah apel sebagai obat untuk mengatasi gangguan diabetes. Caranya, mudah saja belah buah apel yang anda minati menjadi empat bagian, rebus dengan air sebanyak 4 gelas sampai mendidih hingga airnya tersisa hanya 2 gelas. Biarkan sampai dingin atau hangat, lalu lakukan penyaringan, kemudian air tersebut bisa dikonsumsi dua kali sehari tiap pagi dan sore. Semoga terbukti Manfaat buah apel bagi kesehatan badan.





  1. Membangun Kekebalan Tubuh




Secara kimia jelas terbukti bahwa buah Apel merah mengandung antioksidan quercetin. Dari hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada saat Anda sedang mengalami depresi. Kekebalan tubuh tentu akan menghindarkan Anda dari serangan beragam penyakit, dan ini menjadi bukti Manfaat buah apel bagi kesehatan badan.





  1. Mencegah Penyakit Organ pencernaan




Ragam penyakit yang menyerang pada organ pencernaan, seperti konstipasi dan diare akan diredakan oleh manfaat mengkonsumsi buah apel. Mengkonsumsi sekurangnya dua buah apel setiap hari akan dapat membantu mencegah penyakit tersebut. Keberadaan serat dalam buah apel bermanfaat menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan anda. Satu lagi ini bukti ilmiah bahwa Manfaat buah apel bagi kesehatan badan memang benar adanya.





  1. Menurunkan Risiko serangan Kanker




Manfaat buah apel terus diteliti oleh para ahli, salah satu hasilnya adalah penelitian dari Cornell University yang telah menemukan beberapa senyawa triterpenoids pada kulit buah apel. Senyawa triterpenoids akan mampu menghambat pertumbuhan beragam sel kanker. ini juga menjadi bukti ilmiah bahwa Manfaat buah apel bagi kesehatan badan memang benar untuk menghambat menjalarnya kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.



Perdagangan Buah Apel


Manfaat buah apel bagi kesehatan badan linier dengan volume kebutuhan manusia akan buah ini, dan ini bisa kita deteksi dari volume Perdagangan Buah Apel. Indonesia yang beriklim tropis tentu akan sulit memenuhi kebutuhan buah apelnya dari produksi dalam negeri, sehingga dibutuhkan impor dari luar negeri. Dari trend perdagangan Indonesia menunjukkan bahwa beberapa negara menjadi eksportir buah apel terbesar meliputi Tiongkok, Chile, Perancis, Amerika Serikat, dan Italia.

Sekurang-kurangnya sebanyak 55 juta ton apel ditanam di seluruh dunia (2005), dengan nilai yang fantastis tentunya mencapai sekitar $10 miliar. Produsen buah apel terbesar di dunia, Tiongkok, mampu menghasilkan sekitar 2/5 dari jumlah tersebut. Tentu ini sebuah peluang perdagangan dunia yang mampu dimanfaat kan Tiongkok dengan baik.

Waspada Buah Apel bahaya


Membahas tentang manfaat buah apel bagi kesehatan badan tentu tidak boleh terlena dengan kewaspadaan terhadap bahaya dari buah apel.  Beberapa waktu terakhir mencuat tentang bahaya buah apel impor asal Amerika Serikat (apel granny smith dan gala) karena bakteri berbahaya. Keduanya jenis apel tersebut berbakteri Listeria monocytogenes yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Pada orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah, bakteri Listeria akan potensial menyerang saraf pusat sehingga dapat menyebabkan berjangkitnya penyakit meningitis atau infeksi otak. Gejala yang ditunjukkan antara lain: dan mual hingga diare, demam, dan nyeri otot.

Pada orang yang sehat juga bisa terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes, dengan gajala yang dikenali sama. Infeksi Listeria juga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil, dan menyerang bayi. Dari data yang ada menunjukkan Infeksi bakteri Listeria monocytogenes dengan tingkat kematian  sekitar 20-30 persen. Demikian paparan tentang manfaat buah apel bagi kesehatan badan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

1 komentar so far

buah apel memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh makasih infonya


EmoticonEmoticon