Filosofi; Suro Diro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti Dalam Bisnis Online

Filosofi hidup jawa klasik rasanya masih cukup relevan bila dijadikan acuan diri dalam menjalankan bisnis online. Karena didalamnya terkandung ajaran yang bersifat universal sehingga tetap kontekstual dimanapun dan kapanpun anda berada.
Dibeberapa posting sebelumnya saya sempat sedikit mengulas tentang filosofi; kesandung dalan roto, kebenthus awang-awang yang menyajikan tentang pentingnya mawas diri. Lalu dilanjutkan dengan pentingnya filosofi jawa Pentingnya Filosofi Jawa; Ojo Kuminter Mundak Keblinger, Ojo Cidro Mundak Ciloko dalam Praktik Bisnis Online.
Suro Diro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti  kalau dimaknai secara bebas maka dapat diberikan pengertian sebagai segala sifat yang  keras hati, licik dan picik, angkara, machiavelis, ternyata bisa dikalahkan dengan sebuah kelembutan hati, sikap yang bijak, mengedepankan sabar dan kehati-hatian.

Tantangan seorang blogger dalam menjalankan aktifitas bisnis online terkadang terbentang jalan untuk mengakrabi sifat yang  keras hati, licik dan picik, angkara, machiavelis. Dengan berbagai alasan terkadang kelicikan kepicikan, emosi, keras hati terkadang berpeluang besar  untuk menjadi pilihan sikap dan perilaku.

Suro Diro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti kembali mengajak manusia untuk kembali kepada jati diri sebagai manusia yang dilengkapi dengan akal fikiran, hati nurani, dan rasa. Mengolah ketika karunia terbesar yang ada pada manusia tersebutlah yang akan menjadikan eksistensi manusia menjadi diakui. Ketika menjalankan praktik bisnis online maka kemanusiaan kita juga mengalami ujian.

Filosofi Suro Diro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti menghantarkan sikap kita untuk mengedepankan kelembutan hati, sikap yang bijak, kesabaran dan kehati-hatian dalam berkomunikasi dengan beragam media online maupun offline, melakukan lobby dan negosiasi, menulis artikel, melakukan deal-deal bisnis dan lain sebagainya.

Yunan Shalimow

About the Author

Yunan Shalimow

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf Onlineku Untuk Semua... Bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana..... Hidup Untuk Memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan...

Leave a Comment:

All fields with “*” are required

Leave a Comment:

All fields with “*” are required