SEO dan Jumlah Internal linking Blog

February 20, 2010

Sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk mendapatkan peringkat yang tinggi (misalnya pada halaman pertama) di hadapan Search Engine adalah ditentukan oleh jumlah backlinks yang berkualitas (dan atau pageranknya), penerapan SEO on page ataupun seo off page, dll. Salah satu penerapan dari SEO On page yang perlu didalami ilmunya adalah optimasi internal linking blog.

Internal linking adalah links blog dalam satu tubuh sebuah blog, atau link antar artikel dalam satu blog (dari satu halaman ke halaman lain). ”Semakin banyak” jumlah halaman blog menerima links dari halaman blog yang lain secara umum mempunyai makna semakin berpotensi untuk mendapatkan rangking yang tinggi di hadapan Search Engines.

Logika sederhananya adalah: blog yang anda miliki bila satu halamannya memiliki 5 internal links, sedangkan halaman blog yang lain memiliki 20 halaman internal links, maka blog yang lain tadi yang lebih unggul rangkingnya. Jadi sebuah blog yang pada halaman-halaman blognya mempunyai internal links akan sangat potensial untuk nonggol dihalaman satu serch engine.

Jadi bisa digambarkan dengan mudah, misalkan blog anda mempunyai artikel 100, disemua halamannya saling nge-link (internal link semua), maka link-link yang tergambar akan seperti jaring laba-laba yang rumit dan saling mengkait. Semakin rumit. luas, lebar jaring laba-laba blog anda maka akan semakin optimal upaya penerapan SEO On page anda.

Berapakah jumlah internal link yang optimal dalam sebuah blog? Ini adalah pertanyaan yang bagus dan belum terlalu banyak blogger yang membahas tentang hal ini. Kalau kita melihat contoh yang bagus adalah wikipedia, disana kita menemukan jumlah antara 8-12 dalam satu halamannya. Tapi perlu diingat jumlah 8-12 internal link tersebut berdiri pada sebuah artikel yang panjang (halaman artikelnya).

Menurut pengalaman beberapa webmaster yang dishare dibeberapa forum, jumlah yang lumrah adalah 4-6 link untuk semua jenis artikel. Jumlah ini cukup ideal mengingat tidak semua posting para blogger adalah panjang. Kalau jumlah terlalau banyak maka akan dianggap sebagai spam oleh search engine, (misalnya google) akan menghukum blog yang demikian dengan mendrop pageranknya.

Mungkinkan dilakukan peningkatan rangking dengan mengoptimasi struktur internal links?, menurut saya bisa karena fungsi internal link itu ibarat pengungkit dari artikel kita. Beberapa langkah untuk mencoba meneropong internal link anda bisa dilakukan sebagai berikut:

Lakuan riset keywords, atau keyword apa yang sudah jadi andalan dari blog anda, maka kita coba fokuskan dan silahkan anda bidik. Bila blog anda bertema bisnis online, maka target keywordnya adalah bisnis online tersebut. Silahkan cari halaman blog anda yang memiliki hubungan kuat dengan keyword bisnis online tersebut berserta jumlah internal link-nya.

Melakukanya anda bisa menggunkan jasa Google untuk membantu dengan cara menuliskan dikotak search: site:namadomain.com dilanjutkan dengan keyword ( site:namadomain.com.bisnis online). Hasilnya bisa anda lihat saat mencoba pada blog ini klik disini

Dari hasil bisa tergambar berapa halaman dalam blog saya internal link dengan kata kunci bisnis online.  OK, teman-teman met mencoba, masukan dan saran saya tunggu untuk kelengakapan ulasan ini.

Yunan Shalimow

About the Author

Yunan Shalimow

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf Onlineku Untuk Semua... Bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana..... Hidup Untuk Memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan...

Leave a Comment:

All fields with “*” are required

falasik

sip gan, teori agan teruji, buktinya ane nemu halaman ini di page one google. 🙂

Leave a Comment:

All fields with “*” are required