Jadwal Pertandingan Tim Nasional Sepakbola Pada Pra Piala Dunia 2011

Pasca undian pembagian group untuk penyisihan Pra Piala Dunia (PPD) Tim nasional sepakbola Indonesia harus segera melakukan persiapan yang serius. Kemenangan pada laga kandang di Gelora Bung Karno (GBK) atas Turkmenistan dengan skor 4-3 sudah cukup rasanya untuk dirayakan. Tantangan yang lebih berat pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 untuk zona Asia, kini ada dipelupuk mata.

Kalau kita review tentang kualitas permainan Firman Utina, DKK pada pertandingan Kandang lawan Turkmenistan, secara permainan timnas kita sudah cukup bagus. Pada babak pertama permainan cukup enak dilihat mata, namun faktor stamina yang jatuh membuat pemain kita cepat menurun kualitas permainannya sehingga tim lawan dengan mudahnya menggempur balik. Hal demikian menjadi agenda tim pelatih untuk segera membenahinya.

Berdasarkan peraturan FIFA yang dipergunakan pada Pra Piala Dunia 2014 maka pada saat ini masih tersisa sebanyak 175 tim dari enam buah konfederasi, mereka akan bertarung untuk memperebutkan 31 tiket ke Piala Dunia di Brasil. Untuk Zona Asia (AFC): tersisa 20 tim yang bersaing untuk memperebutkan jatah 4 atau 5 tiket ke Brasil (babak play-off menentukan jumlah pastinya).

Untuk penyisihan dari putaran kedua ASIA telah menghasilkan 15 pemenang (Qatar, Kuwait, Yordania, Oman, Lebanon, UAE, Irak, Iran, Singapura, Cina, Suriah, Uzbekistan, INDONESIA, Arab Saudi dan Thailand) dan akan digabung dengan lima negara peserta Piala Dunia 2010 yang mendapat bye yaitu (Australia, Korea Selatan, Jepang, Korea Utara dan Bahrain).

Drawing yang telah dilakukan di Marina da Gloria kota Rio de Janeiro, Brasil menetapkan empat tim yang tergabung ke dalam lima grup, pembagiannya diurut berdasarkan ranking FIFA status Juli 2011. Untuk pertandingan putaran ketiga (sistem home & away) telah dijadwalkan berlangsung dalam periode 2 September 2011 s/d 29 Februari 2012. Hasilnya yaitu Juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos ke putaran keempat. Aakan dibagi menjadi dua grup (Grup A lima tim dan Grup B lima tim).

Pada pertandingan putaran yang keempat (sistem home & away) direncanakan akan digelar pada 3 Juni 2012 s/d 18 Juni2013. Untuk tim peringkat ketiga pada masing-masing grup akan berhadapan secara silang (sistem play-off home & away) pada putaran kelima. Tim yang menjadi Pemenang putaran kelima akan menjalani play-off (kandang dan tandang) melawan kandidat play-off dari zona CONCACAF, OFC atau CONMEBOL.

Tim ASIA yang perlu diwaspadai antara lain Jepang, Korea Selatan, karena beberapa dekade terakhir kita selalu menjadi bulan-bulanan jika berhadapan dengan mereka. Memang secara kualitas permainan sepakbola timnas Indonesia masih belum sepadan dengan kedua tim macan Asia tersebut.

Hasil Undian Brasil telah menenmpatkan Timnas Indonesia tergabung pada grup E yang akan melakoni laga pertama menghadapi Iran sebagai tim unggulan Grup E Laga yang akan digelar pada tanggal 2 September di Teheran Iran. Kemudian Timnas akan menjadi tuan rumah dengan menjamu Bahrain di Stadion Gelora Bung Karno, pada tanggal 6 September.

Untuk mendapatkan informasi yang utuh maka berikut ini jadwal pertandingan Timnas Indonesia di ajang Pra-Piala Dunia 2014 secara lengkap:
2 September 2011
Iran vs Indonesia
Bahrain vs Qatar

6 September 2011
Qatar vs Iran
Indonesia vs Bahrain

11 Oktober 2011
Iran vs Bahrain
Indonesia vs Qatar

11 November 2011
Qatar vs Indonesia
Bahrain vs Iran

15 November 2011
Qatar vs Bahrain
Indonesia vs Iran

29 Februari 2012
Iran vs Qatar
Bahrain vs Indonesia

Yunan Shalimow

About the Author

Yunan Shalimow

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf Onlineku Untuk Semua... Bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana..... Hidup Untuk Memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan...

Leave a Comment:

All fields with “*” are required

Leave a Comment:

All fields with “*” are required